Senin, 16 Maret 2009

SUSTAINABLE UKDW II

UKDW, apakah akan bertahan??


Oleh: Ni Nypoman Helmy adiningasih
21081284


Bicara mengenai daya tahan atau sustainable berarti tidak terlepas dari beberapa aspek yang mendukung daya tahan tersebut, yaitu aspek Ekonomi, Lingkungan dan Sosial yang ketiganyapun saling berhubungan satu sama lainnya.

Aspek ekonomi maksudnya kemampuan suatu bangunan dan orang2 di dalamnya untuk tetap bisa memenuhi kebutuha, paling tidak kebutuhannya sendiri dan memiliki suatu kelebihan tersendiri yang menyebabkannya tidak memiliki alasan untuk dihilngkan.
Dalam hubungannya dengan UKDW, menurut saya UKDW harus memiliki manajemen pengaturan keuangan yang bagus, dimana setiap orang yang berhubungan dengannya dalam hal keuangan tidak merasa dirugikan. Oleh karena itu, kampus membutuhkan orang orang yang bertanggung jawab dan dapat mengatur keungannnya dengan baik sehingga kampus tetap mendapatkan keuntungan yang akan digunakan untuk pembangunan (secara fisik maupun non fisik) kampus itu sendiri sehingga kampus dapat bertahan meskipun di negara Indonesia yang memiliki perekonomian yang cukup labil.

Aspek ke dua adalah aspek lingkungan. Seiring dengan meningkatnya global warming akhir-akhir ini, aspek lingkungan, khususnya yang menyangkut alam tidak dapat dipandang sebelah mata lagi. Kampus harus memiliki usaha yang jelas untuk mengatasi masalah yang satu ini, paling tidak di daerah kampus sendiri. Kampus harus memiliki daerah2 yang nyaman sehingga setiap orang yang berada di kampus betah dan lebih mencintai kampus UKDW. Keberadaan kampus juga harus diperhitungkan agar baik gedung maupun segala aktivitasnya tidak menggangu lingkungan sekitar maupun warga yang berada di sekitarnya. Aspek ini juga menyangkut penenpatan lokasi kampus. Menurut saya lokasi kampus ini sudah cukup bagus, terletak di pusat kota YOgyakarta dan memiliki akses yang mudah ke beberapa tempat umum serta rumah sakit. Letaknya yang strategis membuat nama UKDW tidak begitu terdengar asing bagi penduduk Yogyakarta dan ini juga mempengaruhi kesustainableannya.

Aspek ketiga atau yang terkhir adalah aspek sosial. Aspek ini penting karena menyangkut hubungan antara kampus baik dengan setiap orang yang berda di dalamnya, secara regional maupun secara internasional. Suatu perguruan tinggi akan dapat tetap eksis bila namanya memiliki catatan yang baik, dan hal ini akan diperoleh jika terjadi interaksi secara sosial dalam bentuk kerjasama dan sejenisnya. Dalam hal ini, menurut pendapat saya, kampus UKDW harus memiliki tujuan serta visi dan misi yang jelas dan dapat diprtahankan serta dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Hal ini menjadi penting karena visi dan misi itulah yang menjadi awal dalam menulis nama kampus UKDW di masyarakat. Apakah kampus UKDW akan memiliki nama yang baik yang dapat terus membekas di hati masyarakat dan menjadi kampus yang diminati serta memberikan keuntungan bagi mahasiswanya dan orang-orang yang berhubungan dengannya?. Pertanyaan ini hanya dapat dijawab oleh bukti dari keberhasilan kampus dalam menjalankan setiap visi dan misinya. Inilah mengapa aspek sosial yang menyangkut kerja sama dengan pihak lain menjadi sangat penting untuk memberikan kempuan bertahan bagi sebuah kampus khususnya kampus kita UKDW.




Demikianlah pendapat saya mengenai kemapuan bertahan kampus UKDW untuk masa yang akan datang. JIka kita mau berusaha dengan giat, saya yakin, kampus UKDW akan tetap bertahan bahkan untuk masa yang lebih lama dari hanya 20 tahun ke depan.

Terima kasih….:)

Tidak ada komentar: